Putra Kelahiran Gayo yang Digadang-gadang bakal Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Putra Kelahiran Gayo yang Digadang-gadang bakal Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Media Unit 1
Selasa, 15 Oktober 2024


Media Unit-1
Selasa, 15 Oktober 2024, 

Sugiono, sering disebut sebagai anak ideologis Prabowo
Dimana ada seorang putra kelahiran Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Sugiono digadang-gadang bakal masuk dalam Kabinet Prabowo-Gibran. Perkiraan nama-nama menteri susunan kabinet Prabowo-Gibran itu di sampaikan oleh penggiat kader Bela Negara (PKBN)provinsi Jawa Tengah Kol. Purn. H.Ruslan  dengan Media Unit-1 Aceh Tenggara selasa (15/10/2024). 

Pada hari Senin (14/10/2024), putra kelahiran Takengon Sugiono tampak bertandang ke rumah Presiden RI terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Dari momen itu, semakin memperkuat dugaan bahwa Sugiono bakal masuk sebagai salah seorang menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran nantinya sambung H. Ruslan penggiat PKBN Jawa Tengah. 

Kedatangan Sugiono menyusul nama-nama menteri lainnya yang sudah tiba lebih dahulu di rumah Prabowo. Sugiono diisukan akan mengisi jabatan sebagai Menteri Luar Negeri beberapa periode yang lalu digawangi Retno Marsudi. 

Pada tempat yang berbeda di halaman yang sama, 
Siapakah sosok putra Gayo ini? Sugiono dibesarkan di dataran tinggi Gayo, Sugiono lahir pada tahun 1979 di Takengon, Aceh Tengah. Setelah menyelesaikan SD di Takengon, Sugiono melanjutkan pendidikan menengah di SMP Negeri 1 Takengon dan menyelesaikannya di SMP Negeri 3 Banda Aceh tambah ketua Bela Negara Bener Meriah Sukri SH atau akrab di sapa dengan bang Asep yang saat itu juga sedang bersama dengan H. Ruslan. 

Sugiono berhasil lolos seleksi masuk SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah. Ia menjalani pendidikan sistem asrama sebagai siswa di sekolah tersebut hingga lulus pada tahun 1997. Selama menjadi siswa SMA Taruna Nusantara, Sugiono terlibat aktif dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). 

Pada tahun terakhir, Ia dipercaya sebagai anggota Perwakilan Kelas. Sugiono tercatat sebagai alumni Angkatan V SMA Taruna Nusantara(1994-1997). Cita-cita menjadi tentara membulatkan tekadnya untuk mendaftar sebagai calon taruna Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) sekarang menjadi Akademi Militer (AKMIL). 

Namun pada saat bersamaan, Danjen Kopassus saat itu, Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto, membuka pilot project berupa pengiriman alumni SMA Taruna Nusantara ke beberapa perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui program beasiswa. 

Keinginan untuk menjadi prajurit TNI AD dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri membuat Sugiono memutuskan untuk mendaftar program tersebut. Ia mengikuti seleksi hingga dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan sebagai kadet di Norwich University, sebuah kampus militer tertua di Amerika Serikat. 

Setelah kelulusannya dari Norwich University, Sugiono sempat bekerja di Amerika Serikat sebelum memutuskan kembali ke Tanah Air dan mengikuti pendidikan calon perwira TNI (Semapa PK) di Akademi Militer Magelang. Pada tahun 2002, Sugiono lulus dan dilantik sebagai perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua (letda) korps Infanteri. Ingin berkiprah di dunia politik, Sugiono pun memilih pensiun dini dari TNI dan melanjutkan karier sepenuhnya di dunia politik dengan pangkat terakhir letnan satu (lettu). 

Putra Kelahiran Gayo ini diperkirakan calon kuat yang akan mengisi kabinet Prabowo-Gibran. Beberapa nama mulai disebut-sebut akan menduduki kursi penting dalam Kabinet Prabowo-Gibran. Salah satu posisi strategis yang digadang adalah nama Sugiono. Berdasarkan informasi dari laman resmi Partai Gerindra, Sugiono merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara tahun 1997. 

Saat ini, ia menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR ini lahir di Takengon, Aceh Tengah, pada tahun 1979.  Sugiono merupakan salah satu pendiri Partai Gerindra, di mana ia menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra untuk periode 2020-2025.  



Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI untuk periode 2021-2024. Dikenal sebagai sosok yang cerdas dan memiliki hubungan dekat dengan Prabowo Subianto, Sugiono sering disebut sebagai anak ideologis Prabowo.  

Presiden terpilih Prabowo Subianto juga punya sebutan khusus kepada Sugiono dengan julukan 'Kesatria Jedi'. Para kader Gerindra menilai Sugiono memiliki banyak kesamaan dengan Prabowo, terutama dalam hal kecermatan dalam menilai masalah dan ketegasan dalam mengambil keputusan.  

Lettu Inf (Purn) H Sugiono BSc MSc adalah salah satu Anggota Dewan Pendiri Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan aktif sebagai kader sejak tahun 2008. Saat ini menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR-RI (2019-2024) setelah berhasil merebut satu kursi untuk Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif 2019 dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah I (Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga). 

Pada Pemilu 2024, Sugiono kembali memenangkan kursi DPR-RI untuk periode 2024-2029 dari daerah pemilihan yang sama, yakni Dapil Jawa Tengah I  tutup H. Ruslan penggiat kader Bela Negara (PKBN) Jawa Tengah dan Sukri SH ketua Bela Negara Bener Meriah. 
Red. 
Alexander (kabiro)